Apa yang mempengaruhi perilaku konsumen?
Perilakukonsumenadalahstuditentangbagaimanaindividu,kelompokdanorganisasimemilih,membeli,menggunakandanbagaimanabarang,jasa,ide,
ataupengalamanuntukmemuaskankebutuhandankeinginanmereka.Perilakupembeliankonsumendipengaruhiolehfaktorbudaya,
sosialdanpribadi. Faktorbudayamemberikanpengaruh yang paling luasdandalam.
1. FaktorBudaya
Kelasbudaya,subbudayadansosialsangatmempengaruhiperilakupembeliankonsumen.
Budaya (culture) adalahdeterminandasarkeinginandanperilakuseseorang. Subbudaya
(subculture) yang lebihkecil yang memberikanidentifikasidansosialisasi yang
lebihspesifikuntukanggotamereka. Subbudayameliputikebangsaan, agama,
kelompokras,danwilayahgeografis. Hampirseluruhkelompokmanusiamengalamistratifikasisocial,sering
kali dalambentukkelassosial.
Kelassosialmemperlihatkanberbagaipreferensiprodukdanmerek di banyakbidang,
mencakuppakaian, peralatanrumah, kegiatansantai, danmobil.
2. FaktorSosial
Selainfaktorbudaya,faktorsosialsepertikelompokpreferensi,keluargasertaperansosialdan
status mempengaruhiperilakupembelian.
-
Kelompokreferensiadalahsemuakelompok
yang mempunyaipengaruhlangsungatautidaklangsungterhadapsikapatauperilaku orang
tersebut. Jikapengaruhkelompokreferensikuat, pemasarharusmenentukancaramenjangkaudanmempengaruhipemimpinopinikelompok.
-
Keluargaadalahorganisasipembeliankonsumen
yang paling pentingdalammasyarakat,
dananggotakeluargamempresentasikankelompokreferensiutama yang paling
berpengaruh.
3. Faktorpribadi
Keputusanpembelijuga di
pengaruhiolehkarakteristikpribadi. Faktorpribadimeliputiusiadantahap dam
siklushiduppembeli;pekerjaandankeadaanekonomi;kepribadiandankonsepdiri;sertagayahidupdannilai.
4. UsiadanTahapSiklusHidup
Selerakitadalammakanan,pakaian,perabotdanrekreasiseringberhubungandenganusiakita.
Konsumsijugadibentukolehsiklushidupkeluargadanjumlah, usiasertajeniskelamin
orang dalamrumahtanggapadasatuwaktutertentu.
5. PekerjaandanKeadaanEkonomi
Pilihanproduksangat di
pengaruhiolehkeadaanekonomi:penghasilan yang dapatdibelanjakan(tingkat,stabilitasdanpolawaktu),
tabungandan asset, utang,
kekuatanpinjamandansikappengeluarandantabungansangatmempengaruhipadapembelian.
6. KepribadiandanKonsepDiri
Setiap orang
mempunyaikarakteristikpribadi yang mempengaruhiperilakupembelinya.
7. Gaya
hidupdanNilai
Orang-orang darisubbudaya,kelas social danpekerjaan
yang samamungkinmempunyaigayahidup yang cukupberbeda. Hal
initerjadikarnasetiapmanusiamempunyaigayahidup yang
berbeda-bedadandapatmempengaruhipembelian
Proses PsikologiKunci
Ada empat peruses psikologipenting
:motivasi, persepsi, pembelajarandanmemori. Secara fundamental memengaruhitanggapankonsumenterhadapberbagairangsanganpemasaran.
a. Motivasi
Motivasiberasaldari kata motif yaitusuatukebutuhan
yang cukupmampumendorongseseorangbertindak. Ada tigateori yang
mendasaritentangwacanamotivasi, yaitu : 1. Teori Freud.2.Teori Maslow 3.Teori Herzberg
b.
Persepsi
Persepsiadalah proses yang digunakanolehindividuuntukmemilih, mengorganisasi, danmenginterpretasikanmasukaninformasigunamenciptakangambarandunia yang memilikiarti. Orang dapatmemilikipersepsi yang berbedaatasobjek yang samakarenatiga proses persepsi, yaitu :perhatianselektif, Distorsiselektif, Ingatanselektif, Persepsi subliminal mekanismepersepsi subliminal
Persepsiadalah proses yang digunakanolehindividuuntukmemilih, mengorganisasi, danmenginterpretasikanmasukaninformasigunamenciptakangambarandunia yang memilikiarti. Orang dapatmemilikipersepsi yang berbedaatasobjek yang samakarenatiga proses persepsi, yaitu :perhatianselektif, Distorsiselektif, Ingatanselektif, Persepsi subliminal mekanismepersepsi subliminal
c. Pembelajaran
Pembelajaranmeliputiperubahanprilakuseseorang yang
timbuldaripengalaman. Sebagianbesarperilakumanusiaadalahhasilbelajar.Pendorong
(drives) adalahrangsangan internal kuat yang mendorongtindakan. Isyarat (cues)
adalahrangsangankecil yang menentukankapan, dimana, danbagaimanatindakanseseorang.
d. Memori
Semuainformasidanopengalaman yang
dihadapiseseorangketikamerekamengarungihidupdapatberakhirdalammemorijangkapanjang.
Proses memori (encoding) atau encoding memory. Proses memori
(mendapatkankembaliingatan)
Proses
KeputusanPembelian: Model 5 Tahap
a.
PengenalanMasalah
Proses pembeliandimulaiketikapembelimengenalimasalahataukebutuhan.
Kebutuhantersebutdapatdicetuskanolehrangsangan internal ataueksternal.
b. PencarianInformasi
Yang menjadiperhatianutamapemasaradalahsumber-sumberinformasiutama yang menjadiacuankonsumendanberpengaruhrelatiftiapsumbertersebutterhadapkeputusanpembelianselanjutnya.
Sumberinformasikonsumendigolongkankedalamempatkelompokberikutini.
:Sumberpribadi,Sumberkomersial, Sumberpublik,Sumbereksperimental.
c. EvaluasiAlternatif
Beberapakonsepdasar yang akanmembantukitamemahami proses evaluasi:
pertama, konsumenberusahamemuaskansebuahkebutuhan. Kedua,
konsumenmencarimanfaattertentudarisosulsiproduk.
Ketigakonsumenmelihatmasing-masingproduksebagaisekelompokatributdenganberbagiakemampuanuntukmenghantarkanmanfaat
yang diperlukanuntukmemuaskankebutuhanini.
d. KeputusanPembelian
Dalamtahapevaluasi,
para konsumenmembentukpreferensiatasmerek-merek yang ada di
dalamkumpulanpilihan. Konsumenjugadapatmembentukniatuntukmembelimerek yang
paling disukai. Dalammelaksanakanmaksudpembelian, konsumen bias mengambil lima
sub-keputusan: merek, dealer, kuantitas, waktu, danmetodepembayaran.
Dalampembelianproduksehari-hari,
keputusannyalebihkecildankebebasannyajugalebihkecil. Sebagaicontoh,
saatmembeligula, seorangkonsumentidakbanyakberpikirtentangpemasokataumetodepembayaran.
MetodepilihanKonsumen
Yang non-Kompensasi
Model harapan-nilaiadalah model kompensasi di mana hal-hal
lain yang dianggapbaikpadasebuahprodukdapatmembantumengatasihal-hallain yang
dirasa :
a.
denganheuristikkonjungtif
b.
denganheuristikleksikografik
c.
denganheuristikeliminasiberdasarkanaspek
FaktorPengintervensi
Ada beragaimacamjenisrisiko yang bisadirasakankonsumendalammembelidanmengkonsumsisebuahproduk.:
Ada beragaimacamjenisrisiko yang bisadirasakankonsumendalammembelidanmengkonsumsisebuahproduk.:
a.
Risikofungsional
b.
Risikofisik
c.
Risikosocial
d.
Risikopsikologis
e.
Risikowaktu.
Perilakupascapembelian
a.
Kepuasanpascapembelian.
b.
Tindakanpascapembelian
c.
penggunaandanpenyingkiranpascapembelian
Tingkat KeterlibatanKonsumen
Model nilaiharapanmengandaikansatutingkatketerlibatan yang tinggipadapihakkonsumen. Keterlibatankonsumendapatdidefinisikandaritingkatketerlibatandanpengolahanaktif yang dilakukankonsumendalammenanggapirangsanganpemasaran, misalnyadarimelihatiklanataumengevaluasisatuprodukataujasa. Model KemungkinanElaborasiØStrategiPemasaranKeterlibatanRendahPerilakuPembelian yang MencariVariasi
Model nilaiharapanmengandaikansatutingkatketerlibatan yang tinggipadapihakkonsumen. Keterlibatankonsumendapatdidefinisikandaritingkatketerlibatandanpengolahanaktif yang dilakukankonsumendalammenanggapirangsanganpemasaran, misalnyadarimelihatiklanataumengevaluasisatuprodukataujasa. Model KemungkinanElaborasiØStrategiPemasaranKeterlibatanRendahPerilakuPembelian yang MencariVariasi
Heuristik Dan Bias DalamKeputusan
a.
HeuristikKetersediaan
b.
HeuristikRepresentatif
c.
HeuristikPenyesuiandanPenjangkaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please submit your additional comment or something, thank you !