Jumat, 22 Juli 2016

Creating Long-Term Relationship Marketing Management



 
Apa yang mempengaruhi perilaku konsumen?
Perilakukonsumenadalahstuditentangbagaimanaindividu,kelompokdanorganisasimemilih,membeli,menggunakandanbagaimanabarang,jasa,ide, ataupengalamanuntukmemuaskankebutuhandankeinginanmereka.Perilakupembeliankonsumendipengaruhiolehfaktorbudaya, sosialdanpribadi. Faktorbudayamemberikanpengaruh yang paling luasdandalam.
1.      FaktorBudaya
Kelasbudaya,subbudayadansosialsangatmempengaruhiperilakupembeliankonsumen. Budaya (culture) adalahdeterminandasarkeinginandanperilakuseseorang. Subbudaya (subculture) yang lebihkecil yang memberikanidentifikasidansosialisasi yang lebihspesifikuntukanggotamereka. Subbudayameliputikebangsaan, agama, kelompokras,danwilayahgeografis. Hampirseluruhkelompokmanusiamengalamistratifikasisocial,sering kali dalambentukkelassosial. Kelassosialmemperlihatkanberbagaipreferensiprodukdanmerek di banyakbidang, mencakuppakaian, peralatanrumah, kegiatansantai, danmobil.
2.      FaktorSosial
Selainfaktorbudaya,faktorsosialsepertikelompokpreferensi,keluargasertaperansosialdan status mempengaruhiperilakupembelian.
-          Kelompokreferensiadalahsemuakelompok yang mempunyaipengaruhlangsungatautidaklangsungterhadapsikapatauperilaku orang tersebut. Jikapengaruhkelompokreferensikuat, pemasarharusmenentukancaramenjangkaudanmempengaruhipemimpinopinikelompok.
-          Keluargaadalahorganisasipembeliankonsumen yang paling pentingdalammasyarakat, dananggotakeluargamempresentasikankelompokreferensiutama yang paling berpengaruh.
3.      Faktorpribadi
Keputusanpembelijuga di pengaruhiolehkarakteristikpribadi. Faktorpribadimeliputiusiadantahap dam siklushiduppembeli;pekerjaandankeadaanekonomi;kepribadiandankonsepdiri;sertagayahidupdannilai.
4.      UsiadanTahapSiklusHidup
Selerakitadalammakanan,pakaian,perabotdanrekreasiseringberhubungandenganusiakita. Konsumsijugadibentukolehsiklushidupkeluargadanjumlah, usiasertajeniskelamin orang dalamrumahtanggapadasatuwaktutertentu.
5.      PekerjaandanKeadaanEkonomi
Pilihanproduksangat di pengaruhiolehkeadaanekonomi:penghasilan yang dapatdibelanjakan(tingkat,stabilitasdanpolawaktu), tabungandan asset, utang, kekuatanpinjamandansikappengeluarandantabungansangatmempengaruhipadapembelian.
6.      KepribadiandanKonsepDiri
Setiap orang mempunyaikarakteristikpribadi yang mempengaruhiperilakupembelinya.
7.      Gaya hidupdanNilai
Orang-orang darisubbudaya,kelas social danpekerjaan yang samamungkinmempunyaigayahidup yang cukupberbeda. Hal initerjadikarnasetiapmanusiamempunyaigayahidup yang berbeda-bedadandapatmempengaruhipembelian

Proses PsikologiKunci
Ada empat peruses psikologipenting :motivasi, persepsi, pembelajarandanmemori. Secara fundamental memengaruhitanggapankonsumenterhadapberbagairangsanganpemasaran.
a.       Motivasi
Motivasiberasaldari kata motif yaitusuatukebutuhan yang cukupmampumendorongseseorangbertindak. Ada tigateori yang mendasaritentangwacanamotivasi, yaitu : 1. Teori Freud.2.Teori Maslow 3.Teori Herzberg
b.      Persepsi
Persepsiadalah proses yang digunakanolehindividuuntukmemilih, mengorganisasi, danmenginterpretasikanmasukaninformasigunamenciptakangambarandunia yang memilikiarti. Orang dapatmemilikipersepsi yang berbedaatasobjek yang samakarenatiga proses persepsi, yaitu :perhatianselektif, Distorsiselektif, Ingatanselektif, Persepsi subliminal mekanismepersepsi subliminal
c.       Pembelajaran
Pembelajaranmeliputiperubahanprilakuseseorang yang timbuldaripengalaman. Sebagianbesarperilakumanusiaadalahhasilbelajar.Pendorong (drives) adalahrangsangan internal kuat yang mendorongtindakan. Isyarat (cues) adalahrangsangankecil yang menentukankapan, dimana, danbagaimanatindakanseseorang.
d.      Memori
Semuainformasidanopengalaman yang dihadapiseseorangketikamerekamengarungihidupdapatberakhirdalammemorijangkapanjang. Proses memori (encoding) atau encoding memory. Proses memori (mendapatkankembaliingatan)
Proses KeputusanPembelian: Model 5 Tahap
a.       PengenalanMasalah
Proses pembeliandimulaiketikapembelimengenalimasalahataukebutuhan. Kebutuhantersebutdapatdicetuskanolehrangsangan internal ataueksternal.
b.      PencarianInformasi
Yang menjadiperhatianutamapemasaradalahsumber-sumberinformasiutama yang menjadiacuankonsumendanberpengaruhrelatiftiapsumbertersebutterhadapkeputusanpembelianselanjutnya. Sumberinformasikonsumendigolongkankedalamempatkelompokberikutini.  :Sumberpribadi,Sumberkomersial, Sumberpublik,Sumbereksperimental.
c.       EvaluasiAlternatif
Beberapakonsepdasar yang akanmembantukitamemahami proses evaluasi: pertama, konsumenberusahamemuaskansebuahkebutuhan. Kedua, konsumenmencarimanfaattertentudarisosulsiproduk. Ketigakonsumenmelihatmasing-masingproduksebagaisekelompokatributdenganberbagiakemampuanuntukmenghantarkanmanfaat yang diperlukanuntukmemuaskankebutuhanini.
d.      KeputusanPembelian
Dalamtahapevaluasi, para konsumenmembentukpreferensiatasmerek-merek yang ada di dalamkumpulanpilihan. Konsumenjugadapatmembentukniatuntukmembelimerek yang paling disukai. Dalammelaksanakanmaksudpembelian, konsumen bias mengambil lima sub-keputusan: merek, dealer, kuantitas, waktu, danmetodepembayaran. Dalampembelianproduksehari-hari, keputusannyalebihkecildankebebasannyajugalebihkecil. Sebagaicontoh, saatmembeligula, seorangkonsumentidakbanyakberpikirtentangpemasokataumetodepembayaran.
MetodepilihanKonsumen Yang non-Kompensasi
Model harapan-nilaiadalah model kompensasi di mana hal-hal lain yang dianggapbaikpadasebuahprodukdapatmembantumengatasihal-hallain yang dirasa :
a.       denganheuristikkonjungtif
b.      denganheuristikleksikografik
c.       denganheuristikeliminasiberdasarkanaspek
FaktorPengintervensi
Ada beragaimacamjenisrisiko yang bisadirasakankonsumendalammembelidanmengkonsumsisebuahproduk.:
a.       Risikofungsional
b.      Risikofisik
c.       Risikosocial
d.      Risikopsikologis
e.      Risikowaktu.
Perilakupascapembelian
a.       Kepuasanpascapembelian.
b.      Tindakanpascapembelian
c.       penggunaandanpenyingkiranpascapembelian
Tingkat KeterlibatanKonsumen
Model nilaiharapanmengandaikansatutingkatketerlibatan yang tinggipadapihakkonsumen. Keterlibatankonsumendapatdidefinisikandaritingkatketerlibatandanpengolahanaktif yang dilakukankonsumendalammenanggapirangsanganpemasaran, misalnyadarimelihatiklanataumengevaluasisatuprodukataujasa. Model KemungkinanElaborasiØStrategiPemasaranKeterlibatanRendahPerilakuPembelian yang MencariVariasi
Heuristik Dan Bias DalamKeputusan
a.       HeuristikKetersediaan
b.      HeuristikRepresentatif
c.       HeuristikPenyesuiandanPenjangkaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please submit your additional comment or something, thank you !