New York – Toyota terpilih
sebagai perusahaan “paling hijau” di dunia berdasarkan survey Global Green Brands 2011, yang dilakukan perusahaan
konsultan merek terkemuka di dunia, Interbrand.
Dengan mengkombinasikan
persepsi publik tentang kelestarian lingkungan dan usaha yang dilakukan setiap
perusahaan untuk menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, Interbrand
mengumumkan 50 perusahaan global yang memiliki “Green Performance Score”
tertinggi di dunia. Dan dengan nilai 64,19, Toyota berhasil memuncaki daftar
tersebut, diikuti 3M di peringkat kedua (63,33) dan Siemens di posisi ketiga
(63,08).
Hasil survey yang dilakukan
di 10 pasar terbesar di dunia, yaitu Amerika Serikat, Jepang, China, Jerman,
Prancis, Inggris, Italia, Brasil, Spanyol, dan India menunjukkan bahwa Toyota
sukses membuktikan berbagai usahanya dalam menjawab isu-isu pelestarian
lingkungan melaluiproduk yang rendah emisi, strandarisasi internasional (Euro 3
and more), pengentasan kerusakan lingkungan, kesehatan dan energi terbarukan.
Adavantage :
a.
Membangun citra positif
di mata pelanggan
Bentuk kepedulian dan respon nyata perusahaan terhadap
isu-isu lingkungan dapat membentuk kepercayaan dan cintra yang baik tentang
produk yang dihadirkan oleh perusahaan, dan pada akhirnya perusahaan memiliki
peluang yang lebih besar dalam memasarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan
lingkungan dan manusianya.
b.
Perkembangan dan
kemajuan perusahaan yang bersinergi
dengan alam
Siring dengan tingginya
tuntutan bisnis, namun tidak melupakan kewajiban dalam menjaga lingkungan alam
sebagai tempat dalam menjalankan bisnis. Perusahaan senantiasa besinergi dengan
perubahan dan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi. Tumbuh dan berkembang
bersama alam adalah nilai tambah yaang amat penting bagi perusahaan demi
menciptakan peluang yang akan mendatangkan pasar baru bagi perusahaan sehingga
bisnis perusahaan tetap hidup dan maju.
Disadvantage :
a.
Risiko yang semakin
tinggi
Berbagai tuntutan menciptakan sebuah permintaan terhadap
produk yang diproduksi namun, seiring dengan upaya perusahaan memenuhi kebutuhn
akan produk yang ramah lingkungan terdapat beberapa risiko tinggi seperti waktu
yang lama demi memperoleh formula yang tepat, biaya yang tinggi dll
b.
Un-predictable
Alam sulit untuk diprediksi, semakin lama perubahan akan
terus terjadi. Perusahaan harus benar-benar fokus dalam menghadapai bisnis yang
bersinergi dengan alam. Perusahaan tituntut terus memunculkan inovasi produk
yang lebih ramah lingkungan demi melestarikan lingkungan disamping juga
memperoleh keuntungan.
2.
THE TECHNOLOGY
ENVIRONMENT
Toyota Motor Corporation - Tidak
lagi sekedar berbicara efisiensi, power atau kekuatan mesin, salah satu
tantangan terberat industri otomotif saat ini adalah memenuhi kebutuhan
masyarakat akan kendaraan yang ramah lingkungan. Toyota telah berhasil
mengembangan berbagai teknologi terdepan di bidang otomotif, antara lain melalui
teknologi hybrid maupun teknologi
kendaraan berbahan alternatif seperti hidrogen. Ultimate eco car merupakan tujuan Toyota untuk menghadirkan mesin
yang ramah lingkungan. Saat ini, Toyota sedang mengarah ke sana, karena
teknologi yang dikembangkan dari waktu ke waktu semakin ramah lingkungan
Semangat Beyond Drive ini diimplementasikan
melalui komitmen Toyota dalam menghadirkan produk dan teknologi yang lengkap,
inovatif, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan mempunyai kinerja
prima. Semangat improvement terus
ditunjukkan Toyota dalam mengembangkan produk-produk terbaiknya. Saat ini,
tuntutan perkembangan mesin semakin mengarah pada eco friendly yang efisien terhadap penggunaan bahan bakar, ramah
lingkungan, namun tidak mengurangi kesenangan dalam berkendara. Pengembangan
mesin di Toyota antara lain mengacu pada upaya mengisi setiap line-up produk dengan mesin yang mampu
menghasilkan kinerja maksimal baik untuk mendukung kelincahan, kenyamanan berkendara,
dengan emisi rendah. Toyota juga mulai memperkenalkan mesin berteknologi Fuel Cell yang digunakan untuk Mirai.
Mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia ini memiliki keunggulan sebagai
kendaraan ramah lingkungan karena gas buangnya air (zero carbon emission).
Selain Fuel Cell, Toyota juga
mengembangkan mesin listrik berbaterai lithium ion seperti yang diterapkan pada
i-Road, kendaraan kompak masa depan
yang cocok untuk daerah perkotaan.
Advantage :
1.
Inovasi produk sebagai senjata utama memenangkan persaingan
Pengembangan produk yang inovatif
memberi nilai tambah terhadap perusahaan dan menjadi kompetensi utama yang
membedakan sekaligus senjata dalam memenagkan persaingan di industri yang sama.
Dengan begitu, konsumen tidak akan bosan dengan dengan produk yang ditawarkan.
2.
Menigkatkan efisiensi dari hulu ke hilir dalam bisnis
Efisiensi akan terjadi dengan penerapan
teknologi di lingkungan produksi perusahaan meliputi penggunaan teknologi
terbarukan yang benar-benar dibuthkandan ramah lingkungan. Hal ini juga
berkaitan dengan proses distribusi produk siap pakai dari melaui rantai
distribusi yang efisien dan produk sampai ke konsumen dengan baik.
3.
Promosi dan pemasaran produk yang praktis
Era IT mempermudah perusahaan dalam melakukan
promosi sekaligus pemasaran melalui internet, media sosial, website, dll. Hal
ini akan memudahkan konsumen mengetahui up date produk dari perusahaan dengan
mudah sehingga hubungan bisnis antara konsumen dan produsen tetap terjaga.
Dis-advantage :
1.
Dibutuhkan waktu dan biaya riset ( R&D ) produk
waktu dan biaya yang harus dikeluarkan
perusahaan begitu bayak karena meliputi kegiatan penelitian dan proses
pengembangan hasil penelitian yang memerlukan proses panjang. Maka, perusahaan
agar tetap bersaing dan memperoleh respon pofitif pasar dituntut terus mendorong
R&D sebagai salah satu pendorong kemajuan bisnis perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please submit your additional comment or something, thank you !