Jumat, 22 Juli 2016

Analisis Lingkungan Makro Toyota Motor Corporation

1.      THE NATURAL ENVIRONMENT
New York – Toyota terpilih sebagai perusahaan “paling hijau” di dunia berdasarkan survey Global Green Brands 2011, yang dilakukan perusahaan konsultan merek terkemuka di dunia, Interbrand.
Dengan mengkombinasikan persepsi publik tentang kelestarian lingkungan dan usaha yang dilakukan setiap perusahaan untuk menghasilkan produk-produk ramah lingkungan, Interbrand mengumumkan 50 perusahaan global yang memiliki “Green Performance Score” tertinggi di dunia. Dan dengan nilai 64,19, Toyota berhasil memuncaki daftar tersebut, diikuti 3M di peringkat kedua (63,33) dan Siemens di posisi ketiga (63,08).
Hasil survey yang dilakukan di 10 pasar terbesar di dunia, yaitu Amerika Serikat, Jepang, China, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, Brasil, Spanyol, dan India menunjukkan bahwa Toyota sukses membuktikan berbagai usahanya dalam menjawab isu-isu pelestarian lingkungan melaluiproduk yang rendah emisi, strandarisasi internasional (Euro 3 and more), pengentasan kerusakan lingkungan, kesehatan dan energi terbarukan.
Adavantage :
a.      Membangun citra positif di mata pelanggan
Bentuk kepedulian dan respon nyata perusahaan terhadap isu-isu lingkungan dapat membentuk kepercayaan dan cintra yang baik tentang produk yang dihadirkan oleh perusahaan, dan pada akhirnya perusahaan memiliki peluang yang lebih besar dalam memasarkan produk yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan dan manusianya.
b.      Perkembangan dan kemajuan perusahaan yang  bersinergi dengan alam
Siring dengan tingginya tuntutan bisnis, namun tidak melupakan kewajiban dalam menjaga lingkungan alam sebagai tempat dalam menjalankan bisnis. Perusahaan senantiasa besinergi dengan perubahan dan fenomena alam yang tidak dapat diprediksi. Tumbuh dan berkembang bersama alam adalah nilai tambah yaang amat penting bagi perusahaan demi menciptakan peluang yang akan mendatangkan pasar baru bagi perusahaan sehingga bisnis perusahaan tetap hidup dan maju.

Disadvantage :
a.      Risiko yang semakin tinggi
Berbagai tuntutan menciptakan sebuah permintaan terhadap produk yang diproduksi namun, seiring dengan upaya perusahaan memenuhi kebutuhn akan produk yang ramah lingkungan terdapat beberapa risiko tinggi seperti waktu yang lama demi memperoleh formula yang tepat, biaya yang tinggi dll
b.      Un-predictable
Alam sulit untuk diprediksi, semakin lama perubahan akan terus terjadi. Perusahaan harus benar-benar fokus dalam menghadapai bisnis yang bersinergi dengan alam. Perusahaan tituntut terus memunculkan inovasi produk yang lebih ramah lingkungan demi melestarikan lingkungan disamping juga memperoleh keuntungan.

2.      THE TECHNOLOGY ENVIRONMENT

Toyota Motor Corporation - Tidak lagi sekedar berbicara efisiensi, power atau kekuatan mesin, salah satu tantangan terberat industri otomotif saat ini adalah memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan yang ramah lingkungan. Toyota telah berhasil mengembangan berbagai teknologi terdepan di bidang otomotif, antara lain melalui teknologi hybrid maupun teknologi kendaraan berbahan alternatif seperti hidrogen. Ultimate eco car merupakan tujuan Toyota untuk menghadirkan mesin yang ramah lingkungan. Saat ini, Toyota sedang mengarah ke sana, karena teknologi yang dikembangkan dari waktu ke waktu semakin ramah lingkungan
Semangat Beyond Drive ini diimplementasikan melalui komitmen Toyota dalam menghadirkan produk dan teknologi yang lengkap, inovatif, hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan mempunyai kinerja prima. Semangat improvement terus ditunjukkan Toyota dalam mengembangkan produk-produk terbaiknya. Saat ini, tuntutan perkembangan mesin semakin mengarah pada eco friendly yang efisien terhadap penggunaan bahan bakar, ramah lingkungan, namun tidak mengurangi kesenangan dalam berkendara. Pengembangan mesin di Toyota antara lain mengacu pada upaya mengisi setiap line-up produk dengan mesin yang mampu menghasilkan kinerja maksimal baik untuk mendukung kelincahan, kenyamanan berkendara, dengan emisi rendah. Toyota juga mulai memperkenalkan mesin berteknologi Fuel Cell yang digunakan untuk Mirai. Mobil berbahan bakar hidrogen pertama di dunia ini memiliki keunggulan sebagai kendaraan ramah lingkungan karena gas buangnya air (zero carbon emission). Selain Fuel Cell, Toyota juga mengembangkan mesin listrik berbaterai lithium ion seperti yang diterapkan pada i-Road, kendaraan kompak masa depan yang cocok untuk daerah perkotaan.
Advantage :
1.      Inovasi produk sebagai senjata utama memenangkan persaingan
Pengembangan produk yang inovatif memberi nilai tambah terhadap perusahaan dan menjadi kompetensi utama yang membedakan sekaligus senjata dalam memenagkan persaingan di industri yang sama. Dengan begitu, konsumen tidak akan bosan dengan dengan produk yang ditawarkan.
2.      Menigkatkan efisiensi dari hulu ke hilir dalam bisnis
Efisiensi akan terjadi dengan penerapan teknologi di lingkungan produksi perusahaan meliputi penggunaan teknologi terbarukan yang benar-benar dibuthkandan ramah lingkungan. Hal ini juga berkaitan dengan proses distribusi produk siap pakai dari melaui rantai distribusi yang efisien dan produk sampai ke konsumen dengan baik.
3.      Promosi dan pemasaran produk yang praktis
Era IT mempermudah perusahaan dalam melakukan promosi sekaligus pemasaran melalui internet, media sosial, website, dll. Hal ini akan memudahkan konsumen mengetahui up date produk dari perusahaan dengan mudah sehingga hubungan bisnis antara konsumen dan produsen tetap terjaga.
Dis-advantage :
1.      Dibutuhkan waktu dan biaya riset ( R&D ) produk
waktu dan biaya yang harus dikeluarkan perusahaan begitu bayak karena meliputi kegiatan penelitian dan proses pengembangan hasil penelitian yang memerlukan proses panjang. Maka, perusahaan agar tetap bersaing dan memperoleh respon pofitif pasar dituntut terus mendorong R&D sebagai salah satu pendorong kemajuan bisnis perusahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please submit your additional comment or something, thank you !