Product
and Marketing Concept of
VOLKSWAGEN
GROUP
Source: Google Image
Company Profile VolksWagen Group
Volkswagen Group merupakan salah
satu group produsen otomotif yang membawahi beberapa Brand kenamaan dunia seperti VolksWagen, Audi, Bently, Bugatti,
Lamborgini, Man dll. VolksWagen Group didirikan pada tanggal 28 Mei 1937 oleh
Partai Buruh Jerman National Socialist
Deutsche Arbeitfront yang didesain oleh Ferdinand Porsche dengan disponsori
oleh Adolf Hitler dan bermarkas di Wolfburg, Jerman.
VolksWagen Group merupakan salah satu produsen
otomotif terbesar di dunia dengan
pencapaian fantastis dalam segi penjualan yang selalu bertengger dalam tiga
besar produsen mobil terbesar di dunia lainnya seperti Toyota Motor Corporation
(TMC) asal Jepang dan General Motor (GM) asalah Amerika Serikat. Seperti dilansir situs http://oto.detik.com Titel produsen mobil terbesar di dunia selalu menjadi
sorotan. Produsen otomotif yang selalu ada di 3 besar adalah General Motors
(GM), Toyota (TMC) dan Volkswagen (VW).
Tahun 2013 lalu, Toyota berhasil memegang
tahta tersebut. Dilansir laman Autoevolution, Sabtu (10/1/2015) untuk tahun
2014 lalu memang belum ada rilis resmi yang menyebutkan Volkswagen (VW)
berhasil merebut tahta produsen mobil terbesar dari Toyota. Tapi berdasarkan
data yang ada, VW lebih unggul dibanding kompetitornya. Menurut data yang ada,
Volkswagen Group sepanjang tahu 2014 lalu berhasil menjual mobil sebanyak
9.919.305, sedangkan Toyota hanya 9.818.609 atau turun 2,3 persen dari tahun
sebelumnya. Sementara GM hasilnya tahun 2014 lalu tidak memuaskan. GM hanya
menjual mobil sebanyak 8.017.844 unit atau turun 0,2 persen dibanding tahun
sebelumnya. Hal ini terjadi karena GM banyak dirundung maslah recall. Hal ini
menjadi sejarah dunia otomotif bagi produsen kenamaan eropa tesebut sebagai
produsen terbesar di dunia saat ini.
Kajian Teori
Di dalam konsep pemasaran terdapat lima (5) konsep pemasaran yang terdiri dari Productions, Product, Marketing, Selling, Social Marketing (holistic)Concepts. Hampir seluruh perusahaan di dunia baik yang skala kecil maupun besar, produk barang atau jasa pasti akan memiliki konsep pemasaran yang dianutnya. berikut penjelasan sederhana mengenai ke 5 konsep pemasaran tersebut :
- Productions Concept adalah salah satu konsep pemasaran dimana korporat fokus pada volume produksi yang tinggi, jumlah produk yang tersedia secara massal, tersebar di berbagai daerah dan konsumen mudah mendapatkannya. Contohnya produk kebutuhan sehari-hari yang sering kita pakai seperti sabun mandi, pasta gigi, beras, dll.
- Product Concept adalah salah satu konsep pemasaran yang diadopsi oleh korporat dalam fokus menciptakan produk yang berkualitas dan konsumen telah mengetahui kualitas (preferensi produk) secara baik. contohnya produk gadget yang paling mudah kita jumpai. meskipun terlihat sama sebagai alat komunikasi di jaman sekarang, tapi jika kita lihat terdapat keunikan dan karakteristik setiap vendor dalam menghadirkan produk mereka,
- Source seperti Apple Inc dengan produk superior iPhone, iPad, Macbook, MacPro, dll. Pertanyaannya adalah kenapa Apple superior ? lihat saja, produk yang ekslusif dengan harga belasan juta, UI yang sangat menarik, teknologi keamanan tingkat tinggi iCloud dan banyak lagi, sehingga jangan kaget jika ada orang disekitar kita yang memiliki iPhone bakal terlihat "kaya" karena efek Brand Power Apple.
- Marketing Concept adalah salah satu konsep pemasaran yang dianut perusahaan untuk fokus dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar terhadap produk tertentu dan lebih fokus pada konsumen. contoh ketika tuntutan isu lingkungan terhadap pemanasan global dan kebutuhan produk otomotif yang ramah lingkungan dan lebif efisien terhadap konsumsi bahan bakar serta lebih ekonomis, beberapa produsen otomotif meresponnya dengan menghadirkan produk ramah lingkungan yang sering kita dengan LCGC (Low Cost Green Car) seperti Toyota Astra Indonesia dengan produk LCGC Toyota Agya yang memperoleh respon positif dari konsumen indonesia.
- Selling Concept adalah salah satu konsep pemasaran dimana perusahaan fokus dalan mencapai target penjulan untuk mendapat keuntungan yang besar pada lini produk yang dimiliki, dalam hal ini konsep penjualan lebih fokus pada sisi perusahaan. contohnya
- Holistic Concept adalah konsep pemasaran dimana dalam pelaksanaannya sering menyangkut dan melibatkan hal-hal atau isu-isu sosial kemasyarakatan, dalam hal ini bukan memanfaatkan keadaan masyarakat, namunlebih kepada tumbuh dan berkembang bersama masyarakat itu sejatinya. jika kita lihat banya CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan bebrapa perusahaan di Indonesia seperti PB Djarum, Mudik Bareng tolak Angin, dll yang masih ada tujuan promosi produk perusahaan. kesimpulannya, CSR yang dilakukan tidak sepenuhnya fokus pada kegiatan "sosial" tapi juga "bisnis"`
Product and Marketing Concept Analysis of
VolksWagen Group
1.
Product
concept of VW Group
VW Group memiliki anak perusahaan yaitu :
-
Lamborghini - MAN -
VolksWagen - Bently
-
Porsche -
Audi - Skoda - Ducati
-
Bugatti -
SCANIA - Seat
Semua merek anak perusahaan VW Group
tersebut memiliki kualitas, karakteristik dan kharisma masing – masing demi
memikat konsumen di pasar dunia. Hal ini terlihat dari beberapa keistimewaan
yang dimiliki yaitu :
a. Bugatti
Bersama
Bently, VolksWagen, Porsche dan Lamboghini khusus produsen asal Prancis
Bugatti, masih memegang rekor tertinggi dengan varian Veyron Super Sport, yang
memegang angka 431 km/jam (267 mph). Kecepatan ini menjadikan Veyron Super
Sport menjadi supercar tercepat yang legal dikendarai di jalan umum. Tak hanya
itu, Bugatti juga memperhatikan segi kenyamanan dan keamanan dengan menawarkan
fitur eksklusif dengan Double Seat semakin
menambah aksen mewah dan berkelas. Tak heran Bugatti menjadi primadona kalangan
elit dunia, meskipun dibandrol harga selangit hingga mencapai puluhan miliar
demi eksklusivitas kendaraan.
b. Ducati
Merupakan
brand kenamaan Italia dalam segmen
motor sport asal eropa. Ducati menjadi brand motor yang sangat banyak
peminatnya seperti kalangan elit, selebriti dunia dan para pembalap karena
tampilan dan feature yang menarik.
Tak heran jika Ducati mampu turun di arena MotoGP hingga saat ini karena
berbagai kelebihan yang dimiliki seperti kecepatan, fitur, dan kualitas yang
no. 1.
c. MAN
MAN
bersama SCANIA menjadi pionir dari segment Truck
asal eropa dengan berporos pada kekuatan dan hemat bahan bakar. Penyesuaian
dengan pasar, terutama sektor komoditas dan medan yang berat seperti tambang,
perkebunan dll.
2.
Marketing
Concept of VW Group
VW group melalui anak perusahaannya
terus meningkatkan pemasaran dengan memeperbaiki strategi pemasaran yang
efektif dan efisien dibanding pesaingnya. Berbagai inovasi dan update produk
menjadi senjata untuk memepertahankan konsumen agar tetap setia dengan produk
VW Group. Beberapa konsep pemasaran yang dijalankan oleh VW Group yaitu :
Segmetasi
pasar internasional
VW Group selalu meningkatkan pemasaran
melalui strategi diferensiasi konsumen kedalam beberapa segmen pasar secara
global. Dengan mempertimbangkan berbagai keadaan seperti keadaan ekonomi suatu
negara baik Maju, Berkembang dan Miskin. Seperti penerapan Pasar Spesialis yang mengutamakan tingkat pendapaan yang
tinggi penduduk suatu negara seperti China. Dengan populasi mencapai lebih dari
1 Miliar penduduk, potensi pasar dianfaatkan VW Group dengan memasarkan varian
produk yang terjangkau dan ramah lingkungan. Multi-segment Strategy menjadi salah satu pilihan VW Group
karena semakin menigkatnya jumlah orang kaya China menuntut VW Group
meningkatkan promosi dan saluran distrinusi bagi kaum elit China dengan produk
seperti Lamborghini, porsche, Bugatti dll. Produk
Spesialis salah atu jurus VW Group dalam pemasaran melalui anak
perusahaan yang memiliki ciri dan keistimewaan sesuai dengan kebutuhan
masyarakat konsumen dunia seperti Spesialis
Sport Car/ Super Car di dorong oleh Bugatti, Porsche, Lamborghini dan
Bently. Spesialis Truck didorongoleh
MAN dan SCANIA, spesialis Motor Sport
oleh Ducati dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please submit your additional comment or something, thank you !