Senin, 26 April 2021

Aplikasi Konsep Pemasaran VolksWagen Group

Product  and Marketing Concept of
VOLKSWAGEN GROUP


Source: Google Image
Company Profile VolksWagen Group
Volkswagen Group merupakan salah satu group produsen otomotif yang membawahi beberapa Brand kenamaan dunia seperti VolksWagen, Audi, Bently, Bugatti, Lamborgini, Man dll. VolksWagen Group didirikan pada tanggal 28 Mei 1937 oleh Partai Buruh Jerman National Socialist Deutsche Arbeitfront yang didesain oleh Ferdinand Porsche dengan disponsori oleh Adolf Hitler dan bermarkas di Wolfburg, Jerman.
 VolksWagen Group merupakan salah satu produsen otomotif  terbesar di dunia dengan pencapaian fantastis dalam segi penjualan yang selalu bertengger dalam tiga besar produsen mobil terbesar di dunia lainnya seperti Toyota Motor Corporation (TMC) asal Jepang dan General Motor (GM) asalah Amerika Serikat.  Seperti dilansir situs http://oto.detik.com Titel produsen mobil terbesar di dunia selalu menjadi sorotan. Produsen otomotif yang selalu ada di 3 besar adalah General Motors (GM), Toyota (TMC) dan Volkswagen (VW).
Tahun 2013 lalu, Toyota berhasil memegang tahta tersebut. Dilansir laman Autoevolution, Sabtu (10/1/2015) untuk tahun 2014 lalu memang belum ada rilis resmi yang menyebutkan Volkswagen (VW) berhasil merebut tahta produsen mobil terbesar dari Toyota. Tapi berdasarkan data yang ada, VW lebih unggul dibanding kompetitornya. Menurut data yang ada, Volkswagen Group sepanjang tahu 2014 lalu berhasil menjual mobil sebanyak 9.919.305, sedangkan Toyota hanya 9.818.609 atau turun 2,3 persen dari tahun sebelumnya. Sementara GM hasilnya tahun 2014 lalu tidak memuaskan. GM hanya menjual mobil sebanyak 8.017.844 unit atau turun 0,2 persen dibanding tahun sebelumnya. Hal ini terjadi karena GM banyak dirundung maslah recall. Hal ini menjadi sejarah dunia otomotif bagi produsen kenamaan eropa tesebut sebagai produsen terbesar di dunia saat ini.

Kajian Teori
Di dalam konsep pemasaran terdapat lima (5) konsep pemasaran yang terdiri dari Productions, Product, Marketing, Selling, Social Marketing (holistic)Concepts. Hampir seluruh perusahaan di dunia baik yang skala kecil maupun besar, produk barang atau jasa pasti akan memiliki konsep pemasaran yang dianutnya. berikut penjelasan sederhana mengenai ke 5 konsep pemasaran tersebut :
  1. Productions Concept adalah salah satu konsep pemasaran dimana korporat fokus pada volume produksi yang tinggi, jumlah produk yang tersedia secara massal, tersebar di berbagai daerah dan konsumen mudah mendapatkannya. Contohnya produk kebutuhan sehari-hari yang sering kita pakai seperti sabun mandi, pasta gigi, beras, dll.
  2. Product Concept adalah salah satu konsep pemasaran yang diadopsi oleh korporat dalam fokus menciptakan produk yang berkualitas dan konsumen telah mengetahui kualitas (preferensi produk) secara baik. contohnya produk gadget yang paling mudah kita jumpai. meskipun terlihat sama sebagai alat komunikasi di jaman sekarang, tapi jika kita lihat terdapat keunikan dan karakteristik setiap vendor dalam menghadirkan produk mereka, 
  3. Source seperti Apple Inc dengan produk superior iPhone, iPad, Macbook, MacPro, dll. Pertanyaannya adalah kenapa Apple superior ? lihat saja, produk yang ekslusif dengan harga belasan juta, UI yang sangat menarik, teknologi keamanan tingkat tinggi iCloud dan banyak lagi, sehingga jangan kaget jika ada orang disekitar kita yang memiliki iPhone bakal terlihat "kaya" karena efek Brand Power Apple.
  1. Marketing Concept  adalah salah satu konsep pemasaran yang dianut perusahaan untuk fokus dalam memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar terhadap produk tertentu dan lebih fokus pada konsumen. contoh ketika tuntutan isu lingkungan terhadap pemanasan global dan kebutuhan produk otomotif yang ramah lingkungan dan lebif efisien terhadap konsumsi bahan bakar serta lebih ekonomis, beberapa produsen otomotif meresponnya dengan menghadirkan produk ramah lingkungan yang sering kita dengan LCGC (Low Cost Green Car) seperti Toyota Astra Indonesia dengan produk LCGC Toyota Agya yang memperoleh respon positif dari konsumen indonesia.
  2. Selling Concept  adalah salah satu konsep pemasaran dimana perusahaan fokus dalan mencapai target penjulan untuk mendapat keuntungan yang besar pada lini produk yang dimiliki, dalam hal ini konsep penjualan lebih fokus pada sisi perusahaan. contohnya 
  3. Holistic Concept  adalah konsep pemasaran dimana dalam pelaksanaannya sering menyangkut dan melibatkan hal-hal atau isu-isu sosial kemasyarakatan, dalam hal ini bukan memanfaatkan keadaan masyarakat, namunlebih kepada tumbuh dan berkembang bersama masyarakat itu sejatinya. jika kita lihat banya CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilakukan bebrapa perusahaan di Indonesia seperti PB Djarum, Mudik Bareng tolak Angin, dll yang masih ada tujuan promosi produk perusahaan. kesimpulannya, CSR yang dilakukan tidak sepenuhnya fokus pada kegiatan "sosial" tapi juga "bisnis"`

Product and Marketing Concept Analysis of VolksWagen Group
1.      Product concept of VW Group
VW Group memiliki anak perusahaan yaitu :
-          Lamborghini               - MAN            - VolksWagen             - Bently
-          Porsche                       - Audi              - Skoda                        - Ducati
-          Bugatti                       - SCANIA      - Seat
Semua merek anak perusahaan VW Group tersebut memiliki kualitas, karakteristik dan kharisma masing – masing demi memikat konsumen di pasar dunia. Hal ini terlihat dari beberapa keistimewaan yang dimiliki yaitu :
a.     Bugatti
Bersama Bently, VolksWagen, Porsche dan Lamboghini khusus produsen asal Prancis Bugatti, masih memegang rekor tertinggi dengan varian Veyron Super Sport, yang memegang angka 431 km/jam (267 mph). Kecepatan ini menjadikan Veyron Super Sport menjadi supercar tercepat yang legal dikendarai di jalan umum. Tak hanya itu, Bugatti juga memperhatikan segi kenyamanan dan keamanan dengan menawarkan fitur eksklusif dengan Double Seat semakin menambah aksen mewah dan berkelas. Tak heran Bugatti menjadi primadona kalangan elit dunia, meskipun dibandrol harga selangit hingga mencapai puluhan miliar demi eksklusivitas kendaraan.
b.    Ducati
Merupakan brand kenamaan Italia dalam segmen motor sport asal eropa. Ducati menjadi brand motor yang sangat banyak peminatnya seperti kalangan elit, selebriti dunia dan para pembalap karena tampilan dan feature yang menarik. Tak heran jika Ducati mampu turun di arena MotoGP hingga saat ini karena berbagai kelebihan yang dimiliki seperti kecepatan, fitur, dan kualitas yang no. 1.
c.      MAN
MAN bersama SCANIA menjadi pionir dari segment Truck asal eropa dengan berporos pada kekuatan dan hemat bahan bakar. Penyesuaian dengan pasar, terutama sektor komoditas dan medan yang berat seperti tambang, perkebunan dll.
2.      Marketing Concept of VW Group
VW group melalui anak perusahaannya terus meningkatkan pemasaran dengan memeperbaiki strategi pemasaran yang efektif dan efisien dibanding pesaingnya. Berbagai inovasi dan update produk menjadi senjata untuk memepertahankan konsumen agar tetap setia dengan produk VW Group. Beberapa konsep pemasaran yang dijalankan oleh VW Group yaitu :
Segmetasi pasar internasional
VW Group selalu meningkatkan pemasaran melalui strategi diferensiasi konsumen kedalam beberapa segmen pasar secara global. Dengan mempertimbangkan berbagai keadaan seperti keadaan ekonomi suatu negara baik Maju, Berkembang dan Miskin. Seperti penerapan Pasar Spesialis yang mengutamakan tingkat pendapaan yang tinggi penduduk suatu negara seperti China. Dengan populasi mencapai lebih dari 1 Miliar penduduk, potensi pasar dianfaatkan VW Group dengan memasarkan varian produk yang terjangkau dan ramah lingkungan. Multi-segment Strategy menjadi salah satu pilihan VW Group karena semakin menigkatnya jumlah orang kaya China menuntut VW Group meningkatkan promosi dan saluran distrinusi bagi kaum elit China dengan produk seperti Lamborghini, porsche, Bugatti dll. Produk Spesialis salah atu jurus VW Group dalam pemasaran melalui anak perusahaan yang memiliki ciri dan keistimewaan sesuai dengan kebutuhan masyarakat konsumen dunia seperti Spesialis Sport Car/ Super Car di dorong oleh Bugatti, Porsche, Lamborghini dan Bently. Spesialis Truck didorongoleh MAN dan SCANIA, spesialis Motor Sport oleh Ducati dll.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please submit your additional comment or something, thank you !