Dalam 1 dekade terakhir, peta
kekuatan otomotif dunia masih berada pada tiga benua yaitu Amerika, Asia, dan
Eropa. Setiap tahun seluruh pabrikan otomotif berlomba-lomba menciptakan suatu
inovasi dalam wujud teknologi, desain, model, dan feature.
Semua itu dilakukan demi satu
tujuan yaitu menjadi penguasa otomotif di dunia. Namun, banyak fakta menarik
berkaitan dengan strategi perusahaan dalam berlomba-lomba menjadi yang terbaik
dan terbesar di dunia. Salah satunya adalah meningkatkan nilai perusahaan yang
tercermin daari valuasi brand produk
otomotif yang dimiliki.
Apa itu brand atau merek ?. Lamb
(2001) berpendapat bahwa “Merek adalah
suatu nama, istilah, simbol, desain atau gabungan keempatnya yang
mengidentifikasikan produk para penjual dan membedakannya dari produk
pesaing”(hlm.421).
Dalam survei terbaru majalah Forbes 2016, terdapat daftar perusahaan dengan nilai merek atau Brand yang paling bernilai di dunia yang
terbagi dalam beberapa kategori industri. Salah satu yang menarik adalah
industri otomotif, dimana ada pemain lama dan baru yang saling bersaing untuk
menjadi yang terbaik di dunia. Berikut daftar lima besar atau Big Five The World’s Most Valuable Brand perusahaan otomotif dunia dengan nilai
merek paling bernilai di dunia dengan asumsi 1$ = Rp 13.501 data survei bulan
Mei 2016.
1.
TOYOTA MOTOR CORPORATION #6 The World’s Most
Valuable Brands
Toyota Motor
Corporation (TMC) merupakan peruusahaan otomotif kelas dunia yang berasal dari
negeri Sakura, Jepang. Mendominasi dalam kurun waktu lima tahun terakhir dengan
pencapain penjualan mobil selurh dunia sebanyak 10,15 juta unit tahun 2015.
·
Brand Value :
$42,1 Billion or Rp 563,009,107,901,378.25
·
Market Capital :
$177 Miliar atau sekitar Rp 2,362,340,060,487,127.50
·
Industry : Auto & Truck Manufacturers
·
Founded :
1937
·
Country :
Japan
·
CEO :
Takeshi Uchiyamada
·
Employees :
33,765
·
Sales :
$235.83 B atau Rp3,145,296,010,742,806
·
Headquarters :
Toyota
2.
BMW GROUP #14 The World’s Most Valuable Brands
BMW Group atau Bavarian Motor Works Group merupakan
perusahaan otomotif asal negeri pancer,
Jerman. BMW Group tahun 2015 menghasilkan penjualan mobil sebanyak 2.247.485
unit dengan penilaian :
·
Brand Value :
428,8 Billion or Rp 385,278,554,620,236.06
·
Market Cap. :
$ 60,4 Billion atau Rp 808,050,000,870,850.75
·
Industry : Auto & Truck
Manufacturers
·
Founded :
1916
·
Country :
Germany
·
CEO :
Harald Krüger
·
Website :
http://www.bmwgroup.com
·
Employees :
122,244
·
Sales :
$102.22 B atau Rp 1,365,213,158,011,800.25
·
Headquarters :
Munich
3.
MERCEDEZ-BENZ #20 The World’s Most Valuable
Brands
Mercedez-Benz
merupakan salah satu perusahaan otomotif yang berasal dari Eropa dengan image sebagai mobil premium dengan
segala fasilitas kelas atas. Dan hal ini terbukti dari beberapa tipe mobil
sedan premium yang banyak di pakai oleh beberapa kepala negara di dunia
termasuk di Indonesia.
·
Brand Value :
426 Billion or Rp 347,844,783,473,098.18
·
Market Capital :
$26 Billion atau Rp 347,139,988,643,054.31
·
Industry :
Automotive
·
Founded :
1886
·
Country :
Germany
·
CEO :
Dieter Zetsche
·
Employees :
1,600
·
Sales :
$105.8 B atau Rp 1,412,601,556,920,669.25
·
Headquarters :
Stuttgart
4.
HONDA MOTOR #23 The World’s Most Valuable Brands
Honda Motor
merupakan salah satu perusahaan otomotif asal negeri Sakura, Jepang. Merek
mobil yang sedang melambung namanya karena begitu gencarnya iklan dan inovasi
mesin mobil dengan kapasitas yang kecil dan sangat efisien. Tahun 2015, Honda
Motor membukukan penjualan global sebanyak 1,147 juta unit dan salah satu
penopangnya adalah pasar Amerika Latin, Amerika, China, Jepang dan negara asia
lainnya terutama Indonesia.
·
Brand Value :
$25,2 Billion or Rp 337,146,493,411,708.25
· Market Capital :
$51,1 Billion atau Rp 681,569,149,029,656.87
·
Industry :
Auto & Truck Manufacturers
·
Founded :
1948
·
Country :
Japan
·
CEO :
Takahiro Hachigo
·
Employees :
29,500
·
Sales :
$118.09 B atau Rp 1,574,746,161,229,732
·
Headquarters : Tokyo
5.
FORD MOTOR #35 The World’s Most Valuable Brands
Ford Motor
adalah salah satu perusahaan otomotif asal negeri Paman Sam. Perusahaan yang
didirikan oleh Henry Ford ini menjadi salah satu perusahaan terbesar di Amerika
Serikat. Namun, nama besarnya di negara asalnya tak selalu menjamin Ford Motor
bisa mulus dalam berbisnis.
Tahun 2015, Ford
Motor Indonesia menyatakan angkat kaki dari Indonesia akibat kalah saing dengan
perusahaan otomotif asal Jepang seperti Toyota dan Honda yang menguasai pangsa
pasar lebih dari 50% dari total populasi mobil Indonesia.
·
Brand Value :
$14,1 Billion or Rp 188,739,401,614,452.50
·
Market Capital :
$54,2 Billion atau Rp 724,529,787,999,119.25
·
Industry :
Auto & Truck Manufacturers
·
Founded :
1903
·
Country :
United States
·
CEO : Mark
Fields
·
Employees :
199,000
·
Sales :
$149.56 Billion or Rp 2,002,184,869,412,950.25
·
Headquarters :
Dearborn, Michigan
Oke, itulah 5 besar perusahaan
dengan nilai merek yang paling berharga di dunia. Terdapat banyak tantangan
dalam industri otomotif berkaitan dengan isue lingkungan, dimana perusahaan
otomotif dituntut bisa menciptakan produk yang lebih ramah lingkungan.
Oleh karena itu, seluruh
perusahaan otomotif di dunia sedang gencar-gencarnya berinvestasi dalam
penelitian dalam mengembangkan teknologi mesin yang sudah tidak menggunakan
bahan bakar fosil seperti Hybrid.
Perusahaan yang sedang
mengembangkannya seperti Toyota Mirai dengan teknologi Fuel-Hidrogen
technology, Perusahaan otomotif Tesla, dll.
References :
http://www.forbes.com/powerful-brands/list/#tab:rank_industry:Automotive
Author : M. Ihwanudin
Izin ya admin..:)
BalasHapusYuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353
Izin ya admin..:)
BalasHapusYuk dapatkan hadiah ny dengan modal 20rb saja sudah bisa menikmati semua permainan poker di ARENADOMINO loh yuk langsung saja.. WA +855 96 4967353