Source: Google Image
Coca Cola menggunakan Integrated Marketing Communications
untuk berkomunikasi dengan target. Ini adalah perusahaan pelopor dalam 360 °
komunikasi karena mereka cepat mengerti mereka harus berhubungan dengan
konsumen untuk membuat link d an mencari mereka dimanapun mereka berada.
Rencana komunikasi disesuaikan mengenai pasar, masyarakat,
potensi, positioning produk dll Coca - Cola bersedia untuk menjadi dekat dengan
konsumen, untuk menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka, untuk menjadi
semacam ritual yang melekat pada saat-saat tertentu; untuk itu, mereka
menggunakan media sosial dan pemasaran sosial melalui tanggung jawab sosial
misalnya, menciptakan emosi dan perasaan afiliasi terhadap pelanggannya.
Misalnya, mereka mengumpulkan dana untuk tujuan sosial seperti gempa bumi atau
badai.
Juga, selalu berfokus
pada kesenangan dan hiburan seperti pesan utama yang ingin mereka memberikan.
Mereka beradaptasi pesan mereka kepada target pasar tetapi mereka selalu
berdasarkan nilai-nilai yang sama: berbagi, kebahagiaan, menyenangkan, tradisi
minum di beberapa negara.
Salah satu tindakan yang paling spektakuler oleh Coca Cola
dilakukan untuk menunjukkan kepemimpinan mereka adalah pasti yang dibuat untuk
ulang tahun ke-125 mereka:
Berikut adalah kampanye yang sangat lucu, sosial dan
emosional yang Coca Cola telah diterapkan di beberapa negara:
Kampanye IMC telah dimulai pada tahun
2006, dengan platform baru "Taste sisi Coke hidup". Dari sana,
perusahaan harus memikirkan kembali seluruh organisasi di departemen komunikasi
(dari komunikasi vertikal dan unilateral untuk dialog dengan pelanggan).
Pendekatan seperti berarti menciptakan lapangan kerja baru, departemen baru, proses
rekrutmen yang berbeda dan strategi ...
2. Unsur campuran IMC Coca Cola
Hal ini tergantung pada tidak hanya di pasar & produk
tetapi juga pada tujuan. Dalam IMC mencampur ada tiga jenis media massa: iklan
TV, media cetak, dan spanduk iklan. Berbagai elemen yang termasuk dalam
campuran IMC harus bekerja sama untuk memberikan pesan yang konsisten dan
persuasif kepada target audiens.
Alat IMC:
-
Iklan:
sangat penting bagi Coca karena memenuhi pasar konsumen massal di seluruh
dunia. Mereka memungkinkan membangun citra merek dan menciptakan kesadaran
merek. Coca Cola Slogan menjadi berkesan dan universal, serta pesan yang
disampaikan.
EX: media cetak, POS, iklan TV, billboard
...
-
Langsung
pemasaran: persembahan seluruh kemitraan seperti restoran, hotel ..., tapi
juga kampanye termasuk email, SMS / SMS, sponsorship ...
-
Pemasaran
interaktif & media sosial: website interaktif & menghibur, jaringan
sosial, iklan ...
-
Promosi
penjualan: Hal ini sangat penting untuk Coke harus dibedakan dari para
pesaingnya di supermarket, pasar kota ... dengan demikian, perusahaan
menggunakan strategi yang berbeda, berorientasi pada konsumen atau ke arah
perdagangan:
Consumer Strategi berorientasi: Visibilitas
di rak, posisi eye-catching ...
Perdagangan: Diskon, merchandising, barang
gratis, kembali kembali tunjangan ...
Misalnya, Coke Zero telah membangun
piramida terbalik, itu adalah ide cerdas untuk strategi merchandising.
Tujuannya adalah untuk membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil, begitu juga
Coke Zero yang memiliki rasa yang sama dari Coke tapi tanpa kalori.
-
PR:
Coca menggunakan PR dalam strategi melalui peristiwa (budaya, musik, bioskop
...), penyebab sosial, CSR, ...
-
Personal
selling: membangun hubungan dengan pembeli dan konsumen langsung (restoran,
toko, supermarket ...) Coca Cola telah membuat Amerika memilih untuk taman
favorit mereka, dan minuman raksasa menyumbangkan jumlah $ 175.000 untuk tiga
atas peroleh suara.
Dengan menggunakan berbagai jenis media,
pesan akan dikirimkan ke seluruh sasaran, yang tidak selalu memiliki sikap yang
sama terhadap merek dan tujuan komunikasi. Beberapa orang lebih di TV sementara
yang lain lebih di Internet, dan lain-lain bersedia untuk hidup dan / atau
berbagi pengalaman dengan merek.
Coca Cola menggunakan banyak interaksi
dengan konsumen di seluruh PR dan periklanan media sosial.
-
Kemitraan
& sponsorship:
Strategi ini didasarkan terutama pada
acara-acara besar untuk menjadi koheren dengan strategi global dan untuk
memiliki program IMC global. Sebagai contoh, kita bisa mengutip:
- Pada tahun 1923, Coke menjadi minuman
dari "olahragawan"
- Mitra Olimpiade sejak tahun 1928
- Mitra FIFA sejak 1974
-Sejak 1996, Resmi Partner dari tim sepak
bola Perancis
-Presence Di semua acara olahraga
besar (Piala Dunia sepak bola, rugby, ski kejuaraan dunia, NBA)
-Partner Dari Piala Dunia Rugby 2007
Coca Cola juga terlibat dalam bioskop dan
musik. kampanye terakhir mereka telah menampilkan sebuah kampanye PR berdasarkan
sponsorship mereka dengan James Bond 007. Periksa keluar video, itu benar-benar
inovatif dan meningkatkan keterlibatan konsumen terhadap masyarakat Nol Coke
B.
KOMUNIKASI MASSA OLEH COCA COLA
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan
media massa, baik cetak(surat kabar, majalah) atau elektronik (radio,
televisi), yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang dilembagakan, yang
ditujukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar dibanyak tempat, anonym,
dan heterogen. Pesan-pesannya bersifat umum, disampaikan secara cepat, serentak
dan selintas (khususnya media elektronik). Komunikasi antarpribadi, komunikasi
kelompok dan komunikasi organisasi berlangsung juga dalam proses untuk
mempersiapkan pesan yang disampaikan media massa ini.
Coca Cola secara konsisten mempertahan kan posisi sebagai pemimpin dalam
dunia minuman ringan di dunia dengan cakupan pasar hampir diseluruh dunia. Hal
ini, akibat dari penggunaan komunikasi masal yang efektif dan efisien dengan
mengutamakan kebutuhan dan membangun afiliasi yang erat antara Coca Cola dengan
konsumennya di seluruh dunia.
Pemilihan komunikasi masal sangat tepat karena posisi Coca Cola sebagai
market leader dalam minuman ringan. Cakupan pasar yang besar menuntut
penggunaan media promosi dan penjualan produk yang sesuai. Maka, Coca Cola
tentu menggunakan komunikasi masal karena cakupan transfer informasi yang mudah
melalui media massa dan elektronik seperti TV, Radio, Koran, Majalah Bisnis,
Internet,Media Sosial, dll.
Keunggulan dalam membangun hubungan dekat antara produk Coca Cola dengan
konsumennya melalui pendekatan komunikasi masal yang tepat membuata Coca Cola
telah menjadi bagian kehidupan konsumennya dalam berbagai aktivitas baik
pribadi, keluarga, teman, tetanga maupun komunitas.
C.
SARAN
Coca Cola perlu menigkatkan CSR sebagai
bukti kedekatan dan afiliasi dengan konsumen di seluruh dunia. Kepedulian Coca
Cola nanti membentuk persepsi dan kepercayaan terhadap produk Coca Cola hal ini
bisa dilakukan dengan memperkuat Komunikasi Kelompok yang masih kurang efektif.
Dewasa ini, banyak ditemuai komunitas sosial, olahraga, club, event
kekeluargaan, pesta, festival diseluruh dunia yang mengangkat tema mereka
sendiri yang menjadi potensi Coca Cola lebih dekat dengan dengan budaya dan
tradisi konsumennya di seluruh dunia. Dengan begitu, Coca Cola dapat
memeperkuat posisi sebagai pemimpin pasar minuman ringan dengan tingkat
keramahan yang tinggi terhadap konsumennya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Please submit your additional comment or something, thank you !